Header Ads

Pembaruan Terhadap Marxisme

Pembaruan Terhadap Marxisme


Latar belakang pembaruan terhadap marxisme
Latar belakang munculnya pembaruan terhadap marxis didorong oleh kritikan yang diberikan tokoh-tokoh marxis terhadap kapitalis. Salah satu hal yang juga menjadi pendorong pembaruan terhadap marxis adalah tulisan-tulisan Karl Max yang tidak seluruhnya didasarkan atas argumentasi yang kuat.

1. Kuarter pertama abad ke-20 : modifikasi yang dilakukan oleh Lenin yang memberi klaim bahwa sosialisme akan muncul pertama kali di negara kapitalis paling lemah (the weakest link of capitalist country)

2. Pada tahun 1930-an : Lange dan Lerner mengembangkan teori sosialisme pasar yang  didasarkan pada manajemen industri yang terdesebtralisasi dan penggunaan penetapan harga yang ditetapkan secara trial and error oleh suatu badan perencana.

3. Pada tahun 1950-an hingga 70-an : Sistem pasar Lange dan Lerner  dikembangkan lagi menjadi sosialisme yang dikelola oleh kaum pekerja.

4. Pada tahun 1950-an hingga 70-an : Berkembang aliran sosialis baru di negara sosialis Eropa yang dikenal dengan aliran kiri baru (New left) yang percaya bahwa tranformasi kapitalisme perlu.Tetapi, tugas transformasi ini tidak bisa diserahkan pada kelas pekerja.

5. Pada tahun 90-an menjadi tahun dimana negara sosialis/komunis mengalami kehancuran. Pada masa itu Soviet di bawah Mikhail Gorbachev malancarkan Glasnot dan Perestroika yang secara langsung maupun tidak langsung menandakan ditinggalkannya pemikiran -pemikiran Marx,Engles,serta Lenin.


A.Leninisme

Tokoh pencetus leninisme adalah Vladmir Ilich Lenin,dia dikenal sebagai bapak revolusi Rusia. Dua karya tulis lenin yang paling terkenal adalah The Development of Capitalism in Rusia (1956) dan Imperialism, the Highest Stage of Capitalism (1933). Sebelum 1917, ia banyak menulis tentang Politik Revolusi dan masalah praktis pemerintah Negara sosialis pertama. Lenin  yang tidak sabar menunggu kejatuhan kapitalis seperti yang diramalkan marx, mendirikan Negara komunis pertama di Rusia sekaligus pertama didunia (Revolusi Bolshevik 1917) .

1. Kapitalisme Monopoli dan Imperialisme
Sebagai penggemar karya Marx, Lenin sangat tertarik dengan pendapat marx tetang tahapan akhir kapitalisme yang akan mengarah kepada monopoli. Lenin menguraikan beberapa karakteristik kapitalisme monopoli sebagai berikut:
Konsentrasi produksi di tangan industri semakin sedikit jumlahnya;
Merger(penggabungan) finansil dan kapital industri,sewaktu bank-bank dan lembaga-lembaga finansil semakin menguasai kontrol atas alokasi sumber-sumber modal
 Bangkitnya ekspor kapital (bukan komoditas) sebagai bentuk utama pertukaran internasional
Pembagian dunia ke dalam lingkungan ekonomi dipengaruhi dan dikontrololeh kapitalis monopoli;
Pembagian lebih lanjut (sub-divisi) dunia ke dalam lingkungan politik yang dipengaruhi oleh  pemerintahan negara-negara kapitalis mapan.

2. Teori Pembangunan yang Tak Imbang
Teori pembangunan yang tak imbang (The Theory of Uneven Development) adalah batu loncatan analisis Lenin tentang Lokus(tempat kejadian) revolusi proletariat. Menurut Lenin,pertumbuhan di setiap negara tidaklah sama,termasuk di negara-negara kapitalis. Di negara kapitalis baru (seperti USA) akan mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi. Sementara itu, negara-negara kapitalis lama(seperti Prancis) akan mengalami pertumbuhan yang semakin melemah.


B.Revisionisme
Perlu diketahui bahwa pemikiran-pemikiran sosialis sesudah Marx dan Engles berfokus pada dua tema,yakni kemungkinan sumber daya yang efisien dan kemungkinan  perubahan kapitalisme menjadi sosialisme melalui revolusi kekerasan. Kaum revisionisme ini percaya bahwa kejatuhan kapitalisme tidak harus melalui revolusi kekerasan. Kaum revisionisme percaya bahwa untuk memeperbaiki kondisi sosial masyarakat,terutama kaum buruh di negara kapitalis,sebaiknya dilakukan dengan menegakkan demokrasi.


C.Aliran Kiri baru(The New Left)
Secara sederhana,aliran kiri baru dapat diartikan sebagai kombinasi dari Marxisme-Leninisme dari kelompok radikal yang melakukan serangan terbuka terhadap kapitalisme di Amerika Serikat. The New Left malakukan serangan kepada kapitalisme ini melalui buku-buku yang ditulis oleh tokohnya,seperti buku Monopoly Capital,The Political Economy of Growth,The Theory of Capitalist Mvement,dan lain sebagainya.
Setuju tidak setuju
Jika diperhatikan,terdapat persamaan dan perbedaan antara kubu kiri baru dengan kubu marxis ortodoks. Mereka sama-sama setuju bahwa sistem kapitalis tidaklah harmonis. Perbedaan yang mencolok tentang tidak terelakannya sosialisme.
Kecaman terhadap Kapitalisme Konemporer
Kecaman kaum kiri baru terhadap kapitalisme modern mirip dengan kritik Marx,yang paling tidak mereka sukai adalah tidak seimbangnya distribusi kekuatan ekonomi dan politik dalam masyarakat kapitalis.
Alienasi dan Kualitas Hidup
Kaum buruh di negara-negara kapitalis maju lebih makmur. Akan tetapi, kaum kiri baru percaya bahwa para buruh tersebut tetap teralienasi dari pekerjaan mereka.

D. Diskusi
Dalam pelaksanaannya, pemikiran Marx banyak mengalami perubahaan/modifikasi. Ramalannya pun banyak yang keliru. Terutama ramalanya tentang kejatuhan kapitalisme yang tidak pernah menjadi kenyataan. Marx juga meramalkan bahwa Negara sosialis pertama akan muncul di Negara kapitalis paling maju, seperti Inggris, Amerika dan jerman, yang terjadi malah sebaliknya. Teori perjuangan marx dinilai kurang solid, karna di Negara kapitalis, tidak ada pengusaha yang mengeksploitasi buruh yang di khawatirkan marx. Dari berbagai aliran sosialisme, hanya pemikiran kaum reformis yang lebih mendekati “trak yang benar”

Tidak ada komentar