Header Ads

ALIRAN INSTITUSIONAL


ALIRAN INSTITUSIONAL




A.Thorstein Bunde Veblen (1857-1929)

Veblen merupakan anak petani miskin yang melakukan imigrasi dari norwegia ke amerika.Latarbelakang kehidupan dan serba kekurangan ini yang menjadi pangkal tolak mengapa dalam kehidupannya ia sering bersikap skeptis,bahkan ada yang menilainya seorang fasis.
Gelar yang diberikan pada Veblen ialah maverick yang diartikan dengan orang yang suka”lain dari yang lain”.gelar ini biasanya diberikan kepada orang yang selalu berpijak pada pemikiran sendiri tanpa peduli dengan pemikiran-pemikiran umum.gelar lain yang diberikan pada Veblen ialah iconoclast yaitu orang yang suka menyerang dan ingin menjatuhkan ide-ide atau gagasan orang-orang institusi tradisional yang diterima secara umum.


B.Motivasi Konsumen

Dalam The theory of Leisure Class menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan dorongan dan pola prilaku konsumsi masyarakat.menurut Veblen,dulu prilaku orang terikat dengan masyarakat sekeliling.Orang dalam tingkah lakunya pun berusaha menyumbang terhadap pekembambangan masyarakat.orang berusaha menghindari perbuatan yang merugikan orang banyak.Namun,apa yang dilihatnya dalam masyarakat kapitalis finansial di Amerika ialah orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri saja,dan tidak terlalu tertarik dengan kepentingan bersama.
      Masyarakat hanya mementingkan uang. Segala sesuatu dinilai dengan uang.
      Jika harta terkumpul , orang punya banyak waktu untuk bersenang-senang. (leasure)
      Penyakit suka pamer cepat berjangkit dalam masyarakat.
      Dengan harta berlimpah orang-oran membelanjakan uangnya secara tidak wajar.
      Perilaku tersebut sangat dibenci oleh veblen karena membuat orang-orang manja yang akan menghambat kemajuan.


C.Perilaku pengusaha

Dalam buku : the theory of business enterprise, veblen lebih jauh menjelaskan tentang:
      kemiripan perilaku pengusaha amerika dengann perilaku konsumsi
      melihat bahwa pada masa sekarang semakin banyak dijumpai jenis pengusaha pemangsa (predator).
      . Veblan melihat masyarakat amerika yg tumbuh begitu pesat telah melahirkan suatu golongan yang disebutnya absentee ownership.
golongan absentee ownership tersebut adalah para pengusaha yang memiliki modal besar dan mengusai sejumlah perusahaan, tetapi tidak ikut terjun langsung dalam kegiatan operasional perusahaan.
      Contoh tentang pengusaha yang bergerak dalam bidang perkretaapian. Veblen lebih jauh meliihat bahwa para pengusaha yang hanya mementingkan laba tanpa memperhatikan cara ini biasanya melakukan kongkalingkong dengan penguasa.
      Dengan begitu, mereka mendapat berbagai kemudahan dan hak-hak istimewa,misalnya dalam menguasai bahan-bahan mentah dan menguasai daerah-daerah pemasaran.
      Di beberapa negara berkembang yang masih belum mempunyai aturan permainan atau rule of law yang jelas, sering dijumpai adanya kerjasama antara pengusaha dengan militer demi mengamankan bisnis monopolinya. Artinya kalau ada pengusaha lain yang ikut dalam bisnis yang dimonopolinya , ia akan berurusan dengan militer.


D. TOKOK-TOKOH INSTITUSIONALIS LAINNYA

Wesley Clair Mitchel (1874-1948)
Yang merupakan murid, teman, dan sekaligus pengagum veblen. Berjasa dalm mengembangkan metode-metode kuantitatif dalam menjelaskan pristiwa-peristiwa ekonomi . salah satu karya mitchel yaitu business cycles and their causes (1913).

Gunnar Karl Myrdal dari Swedia adlah pendukung aliran institusional. Ia banyak menulis buku An American Dilemna (1944); Value In Social Theory (1958) ; Challenge to Affluence(1963);  Asian Drama: An Inquiry into The Poverty of Nation(1968). Ia percaya bahwa pemikiran institusional sangat di perlukan dalam melaksanakan pembangunan di negara negara berkembang.

Dalam The theory of Leisure Class menjelaskan hal-hal yang berhubungan denga dorongan dan pola prilaku konsumsi masyarakat.menurut Veblen,dulu prilaku orang terikat dengan masyarakat sekeliling.Orang dalam tingkah lakunya pun berusaha menyumbang terhadap pekembambangan masyarakat.orang berusaha menghindari perbuatan yang merugikan orang banyak.Namun,apa yang dilihatnya dalam masyarakat kapitalis finansial di Amerika ialah orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri saja,dan tidak terlalu tertarik dengan kepentingan bersama.

      Pendukung aliran institusional yang terakhir adalah peraih hadiah nobel, yaitu Doughlas North dari University of Washington.  Menurutnnya, mekanisme pasar sebagai satu-satunya penggerak roda ekonomi, dan mengabaikan peran institusi hal ini dinilai keliru. Sebab peran institusi, baik institusi politik maupun institusi ekonomi tidak kalah pentingnya dalam pembangunan ekonomi.

       Pendapat North sedikit berbeda dengan yang dikemukakan Veblen sebagai pendiri aliran institusional itu sendiri. Bagi Veblen, institusi diartikan sebagai norma-norma, nilai-nilai, tradisi dan budaya. Sementara bagi North institusi adalah peraturan perundang-undangan berikut sifat-sifat pemaksaan dari peraturan-peraturan tersebut serta norma-norma prilaku yang membentuk interaksi antara manusia secara berulang-ulang.


E. DISKUSI
Veblen percaya bahwa tidak semua gejala dan perilaku ekonomi dapat dianalisis dengan kerangka pemikiran ekonomi-thok. Veblen menganjurkan agar ahli-ahli ekonomi perlu bekerja sama dengan para ahli di bidang-bidang lain terutama ahli sosiologi, politik, dan hukum. Implikasi pemikiran aliran institusional, terutama dari pandangan North menyatakan bahwa perkembangan ekonomi hanya akan berjalan lancar jika ada aturan main ( rule of law ). Tanpa aturan main yang jelas perkembangan ekonomi akan kacau.


1 komentar:

  1. Pendekatan institusionalisme atau kelembagaan mengacu pada negara sebagai fokus kajian utama. Setidaknya, ada dua jenis atau pemisahan institusi negara, yakni negara demokratis yang berada pada titik “pemerintahan yang baik” atau good governance dan negara otoriter yang berada pada titik “pemerintahan yang jelek” atau bad governance dan kemudian berkembang lagi dengan banyak varian yang memiliki sebutan nama yang berbeda-beda institusionalisme pilihan judi rasional

    BalasHapus